Promosi Doktor ke-95
Promovenda Ni Putu Eka Merliana, ST., MT telah menyelesaikan ujian doktoral dan merupakan doktor ke-95 pada Program Studi Doktor Ilmu Teknik (PSDIT), Fakultas Teknik, Universitas Udayana. Disertasi berjudul Project-Based E-Learning Berbasis Gamifikasi dalam Pendidikan Karakter dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan cumlaude (dengan pujian).
Dr. Ni Putu Eka Merliana, ST., MT, menjelaskan bahwa penerapan gamifikasi dalam konteks pendidikan memberikan urgensi terhadap perlunya pengembangan desain yang lebih efektif, khususnya dalam mendukung pencapaian pendidikan karakter sebagai tujuan pembelajaran. Meskipun gamifikasi telah banyak digunakan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, banyak desain yang belum menjangkau aspek karakter secara mendalam. Salah satunya adalah pemilihan elemen gamifikasi yang sesuai dengan konteks serta kurangnya pemahaman tentang mekanisme kerja tiap elemen dalam membentuk keterlibatan siswa yang mendukung nilai-nilai karakter.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Gamification Framework for Project-Based E-learning in Character Education (GaPolCE) sebagai solusi untuk meningkatkan keterlibatan dan penguatan Pendidikan karakter di tingkat sekolah menengah atas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah mix method yang mana tahapannya adalah mengidentifikasi kebutuhan dalam merancang dan memvalidasi kerangka kerja. Dimulai dengan identifikasi strategi prioritas implementasi project-based learning untuk pendidikan karakter menggunakan pendekatan SWOT-AHP. Kemudian pengembangan dan validasi dari kerangka kerja gamifikasi menggunakan metode Delphi dengan sepuluh pakar dari bidang akademik dan pengembang game. Hasil dari Delphi menghasilkan 13 elemen utama gamifikasi yang dikelompokkan ke dalam tiga kategori berdasarkan MDA framework yaitu mechanic, dynamic dan aestetic.
Uji efektivitas dilakukan melalui metode quasi experiment dengan desain preposttest serta analisa log aktivitas siswa dalam penggunaan e-learning. Selain itu, pengaruh antar variabel juga dianalisis menggunakan metode statistika MANOVA untuk memperoleh gambaran hubungan yang lebih mendalam. Hasil menunjukan bahwa penerapan GaPolCE memberikan peningkatan keterlibatan siswa yang cukup signifikan, yaitu sekitar 67% pada aspek behavioral, 8% pada aspek emotional, dan 25% pada aspek cognitive. Di sisi lain, capaian pendidikan karakter juga mengalami peningkatan skor N-Gain, dengan knowing moral mendekati 70% (kategori tinggi), sedangkan feeling moral mendekati 49% dan action moral mendekati 51%. Peningkatan ini menunjukan adanya dampak positif, meskipun masih terdapat ruang pengembangan lebih lanjut dalam implementasi maupun evaluasi kerangka kerja yang dirancang.
Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan kontribusi teoritis berupa kerangka kerja gamifikasi yang terstruktur untuk pembelajaran proyek dalam konteks pendidikan karakter, serta kontribusi praktis berupa panduan elemen-elemen gamifikasi yang relevan diterapkan di lingkungan pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan sistem evaluasi otomatis berbasis kecerdasan buatan dan studi lanjutan dengan pendekatan logitudinal untuk keberlanjutan pembentukan karakter melalui gamifikasi.
Promotor, ko-promotor I dan II, terdiri dari Prof. Dr. Ir. I Made Oka Widyantara, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng, Prof. Ir. Ni Made Ary Esta Dewi Wirastuti, S.T., M.Sc., Ph.D., I.P.M, dan Komang Oka Saputra, ST., MT., PhD.
FAKULTAS TEKNIK